26 September 2009

Tugas Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan

Perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan

Sabtu, 3 Oktober 2009

Kelas D-08

Perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan diselenggarakan guna membekali mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang metodologi penelitian pendidikan. Mata kuliah ini difokuskan pada materi yang berkaitan dengan konsep dasar metodologi penelitian pendidikan dan perancangan kegiatan penelitian pendidikan yang meliputi: identifikasi dan merumuskan masalah, melakukan kajian pustaka, serta merancang desain penelitian pendidikan yang terangkum dalam sebuah proposal penelitian pendidikan. Sebelum memulai pembahasan materi, saya ingin mengetahui pengalaman penelitian yang pernah Anda lakukan. Selain itu, ingin mengajak Anda untuk mengasah kepekaan terhadap permasalahan pendidikan yang Anda jumpai di lapangan. Untuk itu, jawablah beberapa pertanyaan berikut.

  1. Apa sumbangan penelitian bagi pengembangan pendidikan di Indonesia?
  2. Sebutkan permasalahan dalam dunia pendidikan yang menurut Anda perlu untuk diteliti!
  3. Pernahkah Anda melakukan penelitian?
  4. Jika pernah, apa jenis penelitian yang pernah Anda lakukan dan apa permasalahan yang pernah Anda teliti?


Kirimkan jawaban Anda ke E-mail saya:

derianggraini@yahoo.com
Batas waktu pengiriman jawaban

Sabtu, 3 Oktober 2009 pukul 24.00 WIB.


Persiapan kuliah Sabtu, 10 Oktober 2009

  1. Bacalah berbagai referensi terkait dengan materi: pendekatan untuk memperoleh kebenaran, hakikat penelitian, berbagai paradigma penelitian, sumbangan penelitian dalam pengembangan pendidikan, dan peta permasalahan pendidikan di Indonesia.
  2. Bacalah berbagai referensi terkait dengan materi: konsep, sejarah, tujuan, fungsi, ruang lingkup, ciri-ciri, komponen, dan proses penelitian pendidikan.


Kedua topik tersebut akan menjadi bahasan perkuliahan

Sabtu, 10 Oktober 2009.

Selamat belajar!

Tidak ada komentar: